EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022)

Pengaruh Media Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Surabaya

Lailatul Mauliddiyah (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Siti Sri Wulandari (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran daring, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 di SMKN 1 Surabaya pada mata pelajaran Kearsipan jurusan OTKP. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X OTKP SMKN 1 Surabaya yaitu sejumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 124 responden dan untuk teknik probability sampling pada pemilihan sampel yakni dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya dari data primer berupa wawancara, observasi dan kuesioner serta data sekunder berupa dokumentasi hasil nilai siswa pada penilaian akhir semester. Penggunaan skala dalam penelitian ini yaitu skala likert dengan analisis data yang digunakan adalah Structural Equational Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk software yang digunakan SmartPLS versi 3.0 dengan dua tahapan yaitu Outer Model dan Inner Model. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah media pembelajaran daring tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan fasilitas belajar juga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk motivasi belajar dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...