EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091

Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Rahmad Wahyugi (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian di latarbelakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa dan karakteristik era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Hasil penelitian dinyatakan bahwa telah dikembangkannya multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi oleh praktisi pendidikan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...