EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Penerapan Media Podcast terhadap Menyimak Puisi dalam Pembelajaran Daring Siswa

Yulistiani Eka Putri (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajaran jarak jauh karena Covid-19 dan turunnya hasil keterampilan menyimak puisi karena bahan simakan hanya sebatas guru yang membacakannya. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah peningkatan dalam penerapan media podcast terhadap menyimak puisi dalam pembelajaran daring. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan adalah 60 siswa kelas X SMK Rosma Karawang. Hasil penelitian yang diperoleh dari pretest-posttest menunjukkan data normal dan homogen. Pengujian hipotesis pretest kelas kontrol dan eksperimen menghasilkan nilai signifikansi 0,002 <0,05. Posttest kelas kontrol dan eksperimen menghasilkan nilai signifikansi 0,000 <0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, hal ini karena kelas eksperimen mendapat perlakuan media podcast. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap keterampilan menyimak puisi dengan penerapan media podcast dalam pembelajaran daring dan hasil kuesioner siswa kelas eksperimen menunjukkan media podcast menarik dan memudahkan siswa mengerjakan soal tes

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...