EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Gambaran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar

Depi Amdayanti (Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Indonesia)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nurhizah Gistituti (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Fenomena dilapangan terlihat masih rendahnya disiplin kerja guru dalam melaksanakan tanggungjawabnya yang diberikan kepadanya. Penelitan bertujuan untuk melihat gambaran gaya kepemimpinan domokratis kepala sekolah dalam pembinaan disiplin kerja guru. Metode yang digunakan deskrptif kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah guru SD dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan kuisoner. Analisis data menggunakan deskriptif.dengan mendekatan TCR. Hasil penelitian menggambar bahwa gaya kepemimpinan.demokratis kepala.sekolah termasuk kategori cukup dan disiplin kerja guru dengan kategori cukup. Dari hasil temuan dapat diberikan saran berkaitan dengan disiplin kerja guru agar dilakukan dengan dua pendekatan demokratis dan transformasional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...