EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis Tindak Tutur pada Film Riko The Series (Kajian Pragmatik) melalui Teks, Ko-teks, dan Konteks

Foottriani Azziz (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Suntoko Suntoko (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Rendahnya pengetahuan dan pemahaman pembelajar terhadap tindak tutur dalam kegiatan komunikasi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberi penjelasan hakikat sebuah tuturan dari seorang penutur. Penelitian ini merupakan pengungkapan tindak tutur yang ada pada sebuah film animasi Indonesia. Subjek penelitian berupa film animasi Riko The Series pada aplikasi Youtube. Data yang digunakan sebanyak delapan episode dengan pemilihan secara acak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap simak dan catat untuk memudahkan proses analisis. Penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teks, ko-teks, konteks guna mengetahui pemakaian bentuk tindak tutur yang ada dalam film Riko The Series. Selain itu, penelitian ini Teknik analisis data mengacu pada teori Hymes yang meliputi S.P.E.A.K.I.N.G, yaitu Setting (Latar), Participants (peserta), Ends (Tujuan), Act Sequences (Alur), Key (Kunci), Instrumentalities (sarana), Norms (norma), dan Genre (jenis). Dalam penelitian ini diperoleh hasil 326 teks, 295 ko-teks, 52 konteks, dan 76 bentuk tindak tutur yang meliputi Asertif, Direktif, Komisif, Ekspresif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...