EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Nining Sariyyah (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas 4 SDK Wololanu melalui penerapan media tenun ikat Ende-Lio. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDK Wololanu yang berjumlah 20 orang. Data diambil dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis membandingkan persentase ketuntasan hasil belajar maupun aktivitas belajar terhadap indicator kinerja dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan media tenun ikat Ende-Lio secara tematik, hasil belajar dalam pembelajaran IPA sebesar 45% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan hasil belajarĀ  dalamĀ  pembelajaran Bahasa Indonesia dari 50% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas belajar IPA maupun bahasa Indonesia pada siklus I berada dalam kategori cukup aktif dan meningkat ke dalam kategori sangat aktif pada siklus II. Dengan demikian, media tenun ikat Ende-Lio dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 4 SDK Wololanu

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...