EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa

Rini Novianti Yusuf (STIT Rakeyan Santang, Indonesia)
Vina Febiani Musyadad (STIT Rakeyan Santang, Indonesia)
Yogha Zulvian Iskandar (STIT Rakeyan Santang, Indonesia)
Diah Widiawati (STIT Rakeyan Santang, Indonesia,)



Article Info

Publish Date
22 May 2021

Abstract

Pendidikan orang dewasa atau istilah andragogy yaitu seni dan ilmu untuk membantu orang dewasa belajar. Belajar bagi orang dewasa dapat menjadi sebuah kebutuhan, ketika orang dewasa tersebut memiliki kesadaran akan kebutuhannya, artinya orang dewasa tersebut telah memiliki konsep diri yang matang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan implikasi asumsi konsep diri menurut Knowless dalam pembelajaran orang dewasa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu library research atau penelitian kepustakaan. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu dari beberapa sumber diantaranya; Buku-buku dan referensi seperti pendapat ahli dan jurnal yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan; 1) kematangan konsep diri dapat terlihat dari perkembangan terbentuknya konsep diri orang dewasa yang dipengaruhi oleh self awareness (kesadaran diri), interaksi, self esteem (harga diri), peranan individu, dan pengalaman. 2) Setelah  melewati fase pembentukan konsep diri,  orang dewasa termasuk pada jenis konsep diri positif. 3) Kondisi ketika orang dewasa belajar, tentunya ada keterlibatannya dengan kematangan konsep diri, sesuai yang diungkapkan oleh Knowless mengenai asumsi belajar orang dewasa salah satunya yaitu konsep diri. Oleh karena itu,  terdapat implikasi dari asumsi konsep diri dalam pembelajaran orang dewasa, yang ditandai dengan jenis konsep diri yang positif dan perkembangan pembentukan konsep diri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...