EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa SMK

Hana Awu Utami (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Dian Hartati (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Roni Nugraha Syafroni (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X di SMK Informatika Amanah Bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran menulis teks negosiasi di SMK Informatika Amanah Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 50 siswa dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, skor N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,530 dengan kategori tinggi. Sedangkan skor N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,054 dengan kategori sedang. Maka, model pembelajaran Think Talk Write efektif jika diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi di SMK Informatika Amanah Bangsa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...