EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi

Indradi Kartika Sukmana (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Nur Amalia (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2021

Abstract

Model Project Based Learning adalah salah satu model yang banyak dipakai oleh para pendidik pada kegiatan Belajar Dari Rumah seperti sekarang. Kegiatan Belajar Dari Rumah dengan menggunakan model Project Based Learning dianggap mampu menjadi pengaruh dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dan orang tua. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari model Project Based Learning yang diterapkan selama kegiatan Belajar Dari Rumah di kelas 4 SDN Grogol Utara 16 Jakarta Selatan terhadap peningkatan motivasi belajar dan kerja sama peserta didik dengan orang tuanya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penjelasan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian melalui lembar pengisian kuesioner dalam Google Form yang disebarkan melalui grup WhatsApp kelas. Hasil yang diperoleh berdasarkan data yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulannya adalah bahwa model Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dengan orang tuanya. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa jawaban dari kuesioner yang diisi oleh orang tua dan peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...