EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Metode Demonstrasi melalui Google Meet terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar

Ibnu Fathoni (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Safrul Kodri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Kegiatan pendidikan yang dilakukan secara online saat ini akibat wabah covid-19 memerlukan perhatian yang lebih. Dari observasi peneliti, ditemukan suatu masalah terkait proses pembelajaran online yaitu tentang metode pembelajaran dan akses pembelajaran yang baru berbasis aplikasi, sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik akibat minat dan fokus yang kurang pada pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak metode demonstrasi melalui Google Meet terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV. Jenis penelitian yaitu Kuantitatif Eksperimen dengan metode True Eksperiment Design dan desain penelitian Posttest-Only Control Design dengan sampel berjumlah 52 peserta didik. Tes pilihan ganda digunakan sebagai instrumen yang sebelumnya diuji valid dengan rumus Korelasi Point Biserial dan diuji reliabilitas dengan rumus KR-20. Pengolahan data melalui uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Fisher. Uji-t digunakan untuk pengujian hipotesis dan hasil thitung = 3,026 pada ttabel = 2,0105, maka disimpulkan bahwa thitung>ttabel (3,026>2,0105). Maka terdapat pengaruh metode demonstrasi melalui Google Meet terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SD Islam Nurul Hidayah Depok

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...