Kegiatan pendidikan yang dilakukan secara online saat ini akibat wabah covid-19 memerlukan perhatian yang lebih. Dari observasi peneliti, ditemukan suatu masalah terkait proses pembelajaran online yaitu tentang metode pembelajaran dan akses pembelajaran yang baru berbasis aplikasi, sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik akibat minat dan fokus yang kurang pada pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak metode demonstrasi melalui Google Meet terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV. Jenis penelitian yaitu Kuantitatif Eksperimen dengan metode True Eksperiment Design dan desain penelitian Posttest-Only Control Design dengan sampel berjumlah 52 peserta didik. Tes pilihan ganda digunakan sebagai instrumen yang sebelumnya diuji valid dengan rumus Korelasi Point Biserial dan diuji reliabilitas dengan rumus KR-20. Pengolahan data melalui uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Fisher. Uji-t digunakan untuk pengujian hipotesis dan hasil thitung = 3,026 pada ttabel = 2,0105, maka disimpulkan bahwa thitung>ttabel (3,026>2,0105). Maka terdapat pengaruh metode demonstrasi melalui Google Meet terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SD Islam Nurul Hidayah Depok
Copyrights © 2021