EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Pengaruh Pembelajaran Microteaching, Praktik Lapangan Persekolahan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi

Atika Alifia (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Han Tantri Hardini (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Tujuan peneliti melakukan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan juga simultan pada variabel bebas pembelajaran microteaching, PLP II, dan efikasi diri terhadap variabel terikat minat menjadi guru SMK akuntansi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2018 yang melakukan praktik mengajar (PLP II dan Kampus Mengajar) sejumlah 55 mahasiswa dengan menggunakan sampel populasi atau sampel jenuh. Kuesioner digunakan peneliti untuk  teknik pengumpulan data sedangkan metode analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis regresi linier berganda. Aplikasi yang digunakan peneliti dalam menganalisis penelitian ini adalah SPSS versi 25.  Penelitian memiliki hasil yaitu  menunjukan bahwa minat menjadi guru SMK akuntansi secara simultan dipengaruhi oleh pembelajaran microteaching, PLP II dan efikasi diri. Namun  secara  parsial, pembelajaran microteaching tidak berpengaruh signifikan terhadap minat  menjadi guru SMK akuntansi, PLP II tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat  menjadi guru SMK akuntansi, efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru SMK akuntansi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...