EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis Gaya Bahasa Pidato Bupati Karawang dalam Topik Imbauan serta Rekomendasinya sebagai Materi Pembelajaran Teks Pidato Di MTs

Mimin Widyaningsih (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Hendra Setiawan (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Ferina Meliasanti (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gaya bahasa, jenis gaya bahasa, fungsi gaya bahasa, tujuan digunakan gaya bahasa, serta kemampuan menulis teks pidato pada siswa di tingkat SLTP terkait pidato Bupati Karawang. Sehingga tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa Bupati Karawang dalam topik imbauan, serta mendeskripsikan bentuk rekomendasi hasil analisis gaya bahasa pidato Bupati Karawang terhadap pembelajaran teks pidato di MTs. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam mengetahui fenomena ini, maka dapat dperoleh dengan cara menganalisis, mendeskripsikan, dan mengeksplorasi hasil penelitian gaya bahasa pidato Bupati Karawang ke dalam bentuk narasi yang dideskripsikan. Hasil penelitian yang diperoleh, terdapat 35 tuturan mengandung gaya bahasa yang dianalisis menggunakan teori Keraf (2009) dan Tarigan (2013) sebagai alat penentu untuk menganalisis data

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...