Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi siswa kelas IV SD N 1 Karangrejo dalam pembelajaran daring dan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi siswa kelas IV SD N 1 Karangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Karangrejo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Subjek penelitian yaitu tiga siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi penelitian, dan pencatatan. Wawancara dilaksanakan dengan guru kelas IV dan siswa kelas IV di SD N 1 Karangrejo. Dalam menganalisis data menggunakan model Milles and Huberman yakni meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi siswa kelas IV SD N 1 Karangrejo dalam pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik dan efektif dilihat dari hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. (2) faktor-faktor kemampuan komunikasi siswa kelas IV SD N 1 Karangrejo dalam pembelajaran daring disebabkan karena siswa, guru, dan lingkungan
Copyrights © 2021