EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama

Nuriati Nuriati (UPT SD Negeri Lakkang Makassar, Indonesia)
Muhammad Azis (STKIP Pembangunan Indonesia, Indonesia)
Husain AS (STKIP Pembangunan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Guru dengan tingkat kompetensi yang tinggi dituntut untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan peran kepala sekolah dan kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tanaga guru SDN Lakkang dan SMPN 44 Makassar. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif  meliputi pengumpulan data  reduksi data dan pengajian data . Hasil penelitian menujukan 1) Peran kepala sekolah di SDN Lakkang dan SMPN 44 Kota Makassar dalam meningkatkan kinerja tenaga pengajar yakni sebagai manajerial, supervisor dan motivator namun belum dilaksanakan dengan baik. 2) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menjalankan perannya yakni  masih terdapat tenaga pengajar yang tidak melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik, sulitnya memenuhi waktu yang tepat atau menyesuaikan waktu antar kepala sekolah dan staf pengajar. Disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pengajar tapi terdapat beberapa kendala yang dihadapi namun ada upayah yang dilakukan agar peningkatan kinerja tenaga pengajar dicapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...