EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan

Rika Yuliana Putri (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Supriansyah Supriansyah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0, teknologi informasi berkembang pesat. Revolusi industri 4.0 menuntut pekerja memiliki keterampilan khusus untuk menghadapi revolusi industri 4.0, salah satunya keterampilan literasi digital.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah literasi digital dapat mempengaruhi kesiapan kerja generasi z yang merupakan angkatan kerja termuda. Metode penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan responden 84 siswa SMKN 25 Jakarta yang merupakan Generasi Z dan calon tenaga kerja yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dan penyebaran kuesioner menggunakan google form. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi digital memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan kesiapan kerja. Literasi digital mempengaruhi kesiapan kerja sebesar 36,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis regresi liniear sederhana dan uji-t menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh literasi digital (X) terhadap kesiapan kerja (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa literasi digital berperan penting dalam meningkatkan kesiapan kerja Generasi Z untuk memasuki dunia kerja

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...