EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Hubungan Regulasi Emosi dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Agresi di Pontianak

Sita Permatasari (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Nina Zulida Situmorang (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Triantoro Safaria (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi, konformitas teman sebaya dengan perilaku agresi pada siswa SMK di Pontianak. Subjek dalam penelitian ini adalah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala regulasi emosi, konformitas teman sebaya, dan skala perilaku agresi. Pengambilan data penelitian melalui google form yang disebarkan secara online. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solusion for windows 26.0. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda di peroleh nilai F Change sebesar 15, 496 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01) yang sangat signifikan. Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara regulasi emosi, dan komformitas teman sebaya terhadap perilaku agresi pada siswa SMK di Pontianak. Ada hubungan regulasi emosi dengan perilaku agresi pada siswa SMK di Pontianak, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t sebesar -3,642 dengan taraf signifikasi sebesar 0,009 (p>0,05). Ada hubungan konformitas teman sebaya dengan perilaku agresi pada siswa SMK di Pontianak, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t sebesar 4,173 dengan taraf signifikasi 0,008 (p<0,05).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...