EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous

Geovanne Farell (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Ambiyar Ambiyar (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Wakhinuddin Simatupang (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
M Giatman (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Syahril Syahril (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan, sehingga menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terutama pada metode pembelajaran. Kementerian pendidikan dan kebudayaan memberikan peraturan bahwa metode pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi yaitu metode pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis  efektivias pembelajaran pada pendidikan vokasi dengan metode asynchronous dan metode synchronous. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan model penelitian desain eksperimen (quasi-experiment) dengan non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah SMK N 2 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL yang berjumlah 68 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas – Gain (N-Gain) dan Uji-T untuk kedua kelompok sampel. Nilai N-gain pada pada kelas eksperimen sebesar 53,77%, sedangkan kelas kontrol nilai N-gain sebesar 59,30%. Berdasarkan hasil uji-T terdapat perbedaan yang disignifikan antara hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran asynchronous dan metode pembelajaran synchronous. Tingkat keefektivan terjadi pada metode synchronous dengan menggunakan video conference, sehingga penerapan metode synchronous dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...