Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) UNJ sebagai program studi yangberkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya perbaikan serta pengembangan kualitaspengajaran bahasa Mandarin di Indonesia pada umumnya, memutuskan untuk mengembangkanbuku ajar keterampilan berbahasanya sendiri. Ketiadaan buku ajar berseri yang dapatmengakomodir kebutuhan pembelajaran bahasa Mandarin merupakan hal mendesak.Pengembangan buku ajar keterampilan berbicara memerlukan pengetahuan mengenai buku ajarseperti apa yang dibutuhkan. Dengan demikian, PSPBM melakukan penelitian berbasis Research andDevelopment yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Tahun 2017: Analisis Kebutuhan; 2) Tahun 2018:Analisis materi; dan terakhir tahap 3) Penyusunan buku ajar.Tulisan ini membahas penelitian tahap ke dua. Kegiatan analisis materi memperhatikan hal-halberikut: 1) Dokumen kurikulum PSPBM FBS UNJ, mencakupi profil lulusan, deskripsi mata kuliah,CPMK Menyimak dan Berbicara Dasar I-IV; 2) Kesesuaian materi dengan deskripsi level pada CEFR; 3)Hasil penelitian sebelumnya (Analisis Kebutuhan); 4) Teori dan hasil penelitian terkait analisis materiketerampilan berbicara. Melalui penelitian analisis materi dan penyusunan ragangan, dapatdiketahui materi percakapan apa yang diperlukan serta sesuai bagi buku teks untuk keperluan matakuliah Menyimak dan Berbicara Dasar di PSPBM FBS UNJ. Selain itu, PSPBM mendapatkan produkberupa materi percakapan dan ragangan yang diperlukan untuk kebutuhan penyusunan buku ajarMenyimak dan Berbicara Dasar semester I hingga IV. Hasil penelitian selanjutnya dapat menjadilandasan dalam penelitian tahap selanjutnya yaitu penelitian pengembangan penyusunan buku ajarmata kuliah Menyimak dan Berbicara Dasar.Kata Kunci: Analisis Materi, Keterampilan Berbicara, Bahasa Mandarin
Copyrights © 2021