JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Number 1, January 2022

Pengembangan Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik

Indri Astuti (Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Mahasiswa diharapkan mempunyai efikasi-diri (akademik) yang tinggi dalam menyelesaikan tugas akademik. Ragam efikasi diri  salah satunya adalah efikasi-diri akademik. Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan desain pengembangan bibliokonseling; 2)  mengetahui respon mahasiswa setelah menggunakan bibliokonseling terhadap efikasi diri akademik. Metode penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan Bentuk penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (research and Development). Tahapan  penelitian dan pengembangan mengikuti tahapan desain model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang berorientasi pada system. Temuan penelitian desain model ADDIE sistematis dan sistemik, setiap tahap ada kegiatan evaluasi dan revisi untuk penyempurnaan produk biblokonseling efikasi diri akademik. Untuk pembakuan produk melalui uji coba ahli materi, desain dan media, setelah melalui proses evaluasi dan revisi dinyatakan layak digunakan. Selanjutnya dilakukan uji coba empiris dengan tiga kelompok yang berbeda jumlah mahasiswa. Setelah melalui koreksi dan revisi maka  diperoleh produk akhir bibliokonseling efikasi diri akademik dalam bentuk buku saku. Hasil repon mahaiswa tentang bibliokonseling efikasi diri akademik tinggi. Artinya cerita aspiratif yang dikemas dalam bibliokonseling dan dibaca mahasiswa dapat memberikan model aspirasi realistis, sehingga memiliki keyakinan diri dan kepercayaan diri serta mampu menyelesaikan tugas akademik dan memberikan hasil sesuai dengan tindakan yang telah dilakukan.  Kesimpulan bibliokonseling efikasi diri akademik dikembangkan menggunakan desain model ADDIE yang sistematis dan sistemik. Pembakuan produk melalui uji coba ahli dan uji coba empiris diperoleh hasil layak digunakan untuk meningkatkan efikasi diri akademik mahasiswa. Respon mahasiswa tinggi, temuan ini mengisyaratkan bibliokonseling dapat membantu meningkatkan keyakinan diri dalam menyelesaikan tugas akademik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...