Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1 No 2 (2020): Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa

Nur Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV di SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa dengan jumlah 19 orang siswa 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Penelitian model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa dikatakan baik dimana terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dilihat dari nilai hasil belajar siswa dengan perolehan nilai 9,31 % dengan nilai rata-rata 80. Dari peningkatan hasil belajar siswa diketahui bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MGR

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarĀ  dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Enrekang. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitianĀ  tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, ...