Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini terkait efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi di IAIN Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini pada semester 1,3,5,7 dengan jumlah keseluruhan sebesar 212 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menghasilkan sampel penelitian sebanyak 161 orang. Jenis instrument yang digunakan adalah angket persepsi mahasiswa. Adapun penelitian ini mendapatkan gambaran terkait efektivitas pembelajaran daring di Program Studi Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Efektivitas pembelajaran daring secara keseluruhan jika dirata-ratakan dari keempat nilai IKM setiap aspek berada pada nilai Interval Indeks Kinerja Mutu sebesar 3,05 yaitu memiliki makna kinerja unit pelayanan berada pada kategori “Baik” atau memiliki mutu pelayanan dengan nilai “B”. Namun perlu dipahami bahwa terdapat satu aspek dari empat yang mendapatkan nilai IKM berada pada interval mendekati batas atas kategori kurang baik. Maka hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini untuk melakukan evaluasi dan perbaikan kedepannya guna mengakomodir permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi.
Copyrights © 2022