Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 1 (2021): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Implementasi Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Manipulatif Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sdn 2 Panarung

Dedy Setyawan (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Rizky Arianto (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan Model Pembelajaran Kumon berbantuan Media Manipulatif pada mata pelajaran Matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung Kuala Kapuas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung Kuala Kapuas yang terdiri dari 9 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I terjadi sedikit peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik menjadi 71,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,78% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 96,1 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan teruji kebenarannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...