Salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam pembelajaran di kelas adalah LKS (Lembar Kerja Siswa). LKS merupakan bahan ajar yang penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran di kelas yang saat ini lebih mengutamakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center) mendorong guru untuk mengembangkan LKS dalam pembelajaran mereka. Penggunaan LKS dapat meminimalkan kerja guru namun lebih mengaktifkan peran siswa. Tujuan dari penelitian ini yakni pengembangan LKS berorientasi kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RAD) dengan langkah-langkah menurut Sugiyono, adapun yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP. Subjek dalam penelitian ini Kelas VIII SMP Negeri semeseter II. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, LKS beserta soal tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar oleh ahli materi dinyatakan sangat layak, sedangkan oleh ahli bahasa dinyatakan layak, dari keefektifan hasil analisis pekerjaan siswa dengan menggunakan bahan ajar mengacu pada lembar kerja siswa dalam kategori baik dan sangat baik dan respon siswa terhadap LKS berorientasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun ruang sisi datar dinyatakan pada umumnya positif
Copyrights © 2021