Penerapan penggunaan media pembelajaran ICT bertujuan untuk menggiring siswa agar berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran secara online sehingga diharapkan dari keaktifan tersebut dapat memberikan kesan belajar yang bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan secara online dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum adanya perlakuan (Pretest) dan sesudah adanya perlakuan (Posttest). Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik uji N- Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 29,2 yaitu dari nilai rata-rata pretest sebesar 55 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,2. Dari rata-rata kedua tes tersebut dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain yang diperoleh skor sebesar 0,64. Berdasarkan kategorisasi uji N-Gain, skor 0,64 merupakan pengaruh kategorisasi sedang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Penggunaan media pembelajaran ICT berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung.
Copyrights © 2021