Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 7 No. 02 (2021): Volume 07, Nomor 02, Desember 2021

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KREMBUNG PADA MASA PANDEMI

Fiani Wulan Saputri, Okta (Unknown)
Tirtoni, Feri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penerapan penggunaan media pembelajaran ICT bertujuan untuk menggiring siswa agar berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran secara online sehingga diharapkan dari keaktifan tersebut dapat memberikan kesan belajar yang bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan secara online dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum adanya perlakuan (Pretest) dan sesudah adanya perlakuan (Posttest). Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan teknik uji N- Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 29,2 yaitu dari nilai rata-rata pretest sebesar 55 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,2. Dari rata-rata kedua tes tersebut dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain yang diperoleh skor sebesar 0,64. Berdasarkan kategorisasi uji N-Gain, skor 0,64 merupakan pengaruh kategorisasi sedang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Penggunaan media pembelajaran ICT berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...