Latar belakang; masih adanya sebagian siswa yang mengalami kesulitan dalam hubungan interpersonal sehingga siswa mengalami kesulitan dalam pergaulan dan dalam penyesuaian dengan lingkungan. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, sebab semakin lama akan bisa mengalami kegagalan dalam belajar. Di sisi lain, permasalahan tersebut tidak hanya dilakukan seorang siswa sehingga pelaksanaannya secara kelompok, dengan harapan pelaksanaan bimbingan kelompok akan dapat meningkatkan  hubungan interpersonal siswa. Permasalahannya adalah: (1) bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, bagaimana hubungan interpersonal siswa, dan (3) bagaimana efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap hubungan interpersonal siswa SMK Bardan Wasalaman Batang. Subjek penelitian sebanyak 73 siswa, namun penelitian dilakukan secara sampel kepada 12 siswa yang mengalami masalah tentang hubungan interpersonal. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif persentase (DP) dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor 91,67% yang dinyatakan oleh 11 dari 12  responden dengan kriteria sangat baik, (2) hubungan interpersonal  siswa  diperoleh skor 75% yang dinyatakan oleh 9 dari 12 responden dengan kriteria sangat tinggi, dan (3) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok memiliki efektivitas meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa dengan diperoleh skor 0,958, sedangkan angka dalam tabel untuk N (subjek) 12 = 0,576, karena 0,958 > 0,576 maka hipotesis kerja (Ha): âLayanan bimbingan kelompok memiliki efektivitas terhadap hubungan interpersonal siswa SMK Bardan Wasalaman Kabupaten Batangâ diterima, ini berarti bahwa  semakin baik layanan bimbingan kelompok akan semakin tinggi kemampuan siswa dalam memahami hubungan interpersonal dengan siswa dan orang lain.   Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, hubungan interpersonal.
Copyrights © 2013