KES
Vol 1, No 2 (2013)

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Hubungan Interpersonal Siswa

Ambarini, Retno ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2014

Abstract

Latar belakang; masih adanya sebagian siswa yang  mengalami kesulitan dalam hubungan interpersonal sehingga siswa mengalami kesulitan dalam  pergaulan dan dalam penyesuaian dengan lingkungan. Kondisi  ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, sebab semakin lama akan bisa mengalami kegagalan dalam belajar. Di sisi lain, permasalahan tersebut tidak hanya dilakukan seorang siswa sehingga pelaksanaannya secara kelompok, dengan harapan pelaksanaan bimbingan kelompok akan dapat meningkatkan   hubungan interpersonal siswa. Permasalahannya adalah: (1) bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, bagaimana hubungan interpersonal siswa, dan (3) bagaimana efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap hubungan interpersonal siswa SMK Bardan Wasalaman Batang. Subjek penelitian  sebanyak  73 siswa, namun penelitian dilakukan secara sampel kepada  12 siswa yang mengalami masalah tentang hubungan interpersonal.  Alat pengumpul data yang digunakan adalah  dokumentasi dan angket.  Sedangkan teknik analisis data yang digunakan  analisis deskriptif persentase (DP) dan analisis  korelasi product moment. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok diperoleh skor  91,67% yang dinyatakan oleh 11 dari 12   responden dengan kriteria sangat baik, (2) hubungan interpersonal   siswa   diperoleh skor 75%  yang dinyatakan oleh 9 dari 12  responden dengan kriteria sangat tinggi, dan (3)  pelaksanaan layanan bimbingan kelompok memiliki efektivitas meningkatkan kemampuan hubungan interpersonal siswa dengan diperoleh skor 0,958,  sedangkan angka dalam tabel  untuk N (subjek) 12 = 0,576, karena 0,958  >  0,576 maka  hipotesis kerja (Ha): “Layanan bimbingan kelompok memiliki efektivitas terhadap hubungan interpersonal siswa SMK Bardan Wasalaman Kabupaten Batang” diterima, ini  berarti bahwa  semakin baik layanan bimbingan kelompok akan semakin tinggi kemampuan siswa dalam memahami  hubungan  interpersonal dengan siswa dan orang lain.   Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, hubungan interpersonal.

Copyrights © 2013