Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 6, No 2 (2021): November

Peningkatan Penguasan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran STEM-PjBL dan TPACK Pada Materi Fluida Statis

Rahmad Prastiyan (Universitas Negeri Malang)
Endang Purwaningsih (Universitas Negeri Malang)
Supriyono Koes Handayanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa di salah satu SMA di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif pada kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah sampel 21 siswa. Penggunaan instrumen berupa soal essay sejumlah 9 soal pada materi fluida statis. Siswa pada kelas eksperimen memiliki median 31,00 sedangkan kelas kontrol memiliki median 4,50. Pembelajaran STEM-PjBL dengan TPACK memberikan siswa pengalaman konstektual dajn auttentik untuk memperkuat konsep siswa. Pembelajaran ini memiliki pengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...