Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 9, No 1 (2022): Januari

ANALISIS SELF-EFFICACY MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN LINEAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING

Yoni Sunaryo (UNIVERSITAS GALUH)
Ida Nuraida (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Pembelajaran daring merupakan solusi dari situasi pandemic covid 19 yang melanda dunia saat ini agar proses pembelajaran tetap berlangsung meskipun dosen dan mahasiswa harus berada di rumah. Pembelajaran memiliki tiga ranah capaian pembelajaran salah satunya pada ranah afektif yakni self-efficacy. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah pemrograman linear dengan pembelajaran daring. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3B Prodi Pendidikan Matematika Universitas Galuh pada mata kuliah Pemrograman Linear. Teknik pengambilan data melalui observasi, pemberian angket self-efficacy dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek magnitude (Tingkat kesulitan tugas) mahasiswa termasuk pada kategori positif, pada aspek strength (Tingkat kuat atau lemahnya keyakinan) mahasiswa termasuk pada kategori positif dan pada aspek generality (Penguasaan bidang atau tugas pekerjaan) mahasiswa termasuk pada kategori positif. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...