Perubahan fisik merupakan ciri utama dari proses biologis yang terjadi pada masa puertas. Pengetahuan dalam mengahapi proses perubahan fisik pada masa pubertas sangat penting, oleh karena itu pemberian penyuluhan berperan penting meningkatkan pengetahuan siswa dalam menghadapi masa pubertas. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penyuluhan tentang perubahan fisik pada masa pubertas terhadap peningkatan pengetahuan siswa di SDN No.29 Cini’ayo Jeneponto. Metode penelitian yaitu quasi experimental dengan one group pretest posttest.populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 4 sampai 6 sebanyak 72 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 42 sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah disiapkan kemudian data dianalisis menggunakan uji T. dengan hasil penyuluhan tentang perubahan fisik pada masa pubertas efektif terhadap peningkatan pengetahuan siswa di SDN No,29 Cini’ayo Jeneponto
Copyrights © 2021