Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep siswa dan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar matematika pada materi bangun datar SD Negeri 5 Buton. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Buton yang berjumlah 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan dan tidak mampu: 1) menjelaskan ulang materi bangun datar yang telah diajarkan. 2) kesulitan dalam menggunakan rumus luas dan keliling bangun datar khususnya persegi, persegi panjang dan segitiga. Hal ini disebabkan karena: a) beberapa siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. b) sikap siswa dalam belajar. c) motivasi belajar siswa yang masih rendah. d) kesulitan dalam menghitung. e) penggunaan media pembelajaran. f) sarana prasana yang ada disekolah. Adapun cara yang dilakukan ketika siswa mengalami kesulitan belajar matematika maka perlunya media pembelajaran dan menggunakan lebih banyak variasi metode pembelajaran agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci : Analisis Kesulitan Belajar, Bangun Datar
Copyrights © 2021