Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2021)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 2 BONE

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Kaimudin, La Ode (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bone dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Bone pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bone. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB dan data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK di kelas IV SDN 2 Bone. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus 1 bahwa siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebanyak 9 Orang dan siswa yang memperoleh nilai < 65 sebanyak 12 Orang dengan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 42,85%, sedangkan pada hasil tes siklus II siswa yang memperoleh nilai >65 sebanyak 18 Orang dan siswa yang memperoleh nilai < 65 sebanyak 3 Orang dengan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 85,71%. (2) Deskripsi aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 63,88% dan pertemuan kedua sebesar 66.66%, sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 71,77% dan pertemuan kedua sebesar 91,66%.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa; Model Problem Based Learning

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...