ADDIN
Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Addin

Penggunaan Game Theory Dalam Strategi Penetapan Harga Konsumen

Ningsih, Ekawati Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2014

Abstract

Secara umum teori permainan (Game Theory) digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keputusan bertindak dari lembaga bisnis dalam rangka memenangkan persaingan bisnis. Seperti diketahui, bahwa dalam praktek sehari-hari, setiap organisasi usaha akan berhadapan dengan para pesaing untuk memenangkan persaingan. Maka dari itu diperlukan analisis dan pemilihan strategi yang tepat, khususnya strategi bersaing yang paling optimal. Salah satu konsep strategi yang bisa digunakan dalam bersaing adalah teori permainan (Game Theory). Game Theory pada saat ini banyak digunakan sebagai alat analisis yang membantu para pemimpin perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Dalam Game Theory dikenal adanya beberapa asumsi yang digunakan untuk membantu merumuskan bentuk matematika, dari yang sangat rumit dan tidak realistis, maupun yang sederhana dan mudah diselesaikan. Diharapkan dari penyelesaian matematik, ditemukan titik temunya (sadle point) antara pihak-pihak yang terlibat dalam permainan agar persaingan mudah untuk dikendalikan. ekonomi eksperimental akan membantu memeriksa validitas asumsi dengan melihat bagaimana seharusnya masing-masing pihak akan bertindak dalam lingkungan yang telah dikendalikan. Key Word: Game Theory, Asumsi, Sadle Point, Validitas Asumsi

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

Addin

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

ADDIN is an international journal published by Research Center of State Institute for Islamic Studies (IAIN) Kudus, Central Java, Indonesia. ADDIN is an academic journal published twice a ...