FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021): FARABI

Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Peminatan Kelas XI Terbitan Mediatama Materi Irisan Kerucut dan Polinomial Berdasarkan Taksonomi Bloom

Mira Yuniarti (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu)
Hanifah Hanifah (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu)
Teddy Alfra Siagian (Program Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal pada buku teks matematika peminatan kelas XI terbitan Mediatama berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penilitian yang dilakukan adalah adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika peminatan kelas XI terbitan mediatama materi irisan kerucut dan polinomial. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar analisis dan lembar kesesuain tingkat kognitif. Metode pengumpulan data metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada materi irisan kerucut dari 30 soal memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 28 soal (93,3%), mengevaluasi (C5) sebanyak 2 soal (6,7%), serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), menganalisis (C4), dan mencipta (C6). Materi polinomial dari 29 soal memiliki tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) sebanyak 25 soal (86,2%), menganalisis (C4) sebanyak 2 soal (6,9%), dan mengevaluasi (C5) sebayak 2 soal (6,9%), serta tidak adamya tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2), dan mencipta (C6). Kata Kunci: Buku Teks Matematika, Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...