FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2021): FARABI

Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom

Rezki Ainun Sari (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)
Agus Susanta (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)
Hanifah Hanifah (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Bengkulu-Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif dari soal pada Buku Teks Matematika Kelas VII Semester 2 Terbitan Erlangga Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Soal- Soal dalam Buku Matematika kelas VII Semester II kurikulum 2013 revisi 2016 penerbit Erlangga pada materi garis dan sudut. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi dan lembar kesesuaian tingkat kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal latihan pada materi garis dan sudut memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 43,58% , mengaplikasikan (C3) sebesar 51,95%, menganalisis (C4) sebesar 3,91%, mengevaluasi (C5) sebesar 0,56%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta (C6). Pada soal-soal uji kompetensi materi garis dan sudut memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebesar 10%, mengaplikasikan (C3) sebesar 73,5%, menganalisis (C4) sebesar 16,5%, dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Kata Kunci: Soal, Buku Teks Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...