Journal of Community Service and Engagement
Vol. 2 No. 2 (2022): April 2022

Pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Pelaku UMKM di Tangerang

Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Erni Taruli Pebrina (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Didi Sutardi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Yunianto Agung Nugroho (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)
Firdaus Putra (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UKM terhadap penggunaan Digital Marketing dan Social Media Marketing ini dilakukan secara daring atau onlive via zoom pada 09 Januari 2022 . Pelatihan ini disampaikan oleh 2 pemateri dengan peserta sebanyak 65 pengelola UKM yang menghasilkan produk makanan kemasan ringan di Tangerang. Pelatihan diawali dengan penyajian pre-test yang diberikan pemateri untuk mengetahui kemampuan peserta sebelum mengikuti pelatihan dalam hal pemahaman terhadap digital Marketing dan Social Media Marketing. Pre test berjumlah 16 soal terkait dengan Digital Marketing dan Social Media Marketing. Pelaksanaan kegiatan pelatihan Digital Marketing dan Social Media Marketing sebagai aktivitas PKM dengan tujuan meningkatkan pengetahuan Digital Marketing dan Social Media Marketing dapat berjalan dengan lancar. Semangat dan antusias peserta terlihat dari tanya jawab dan diskusi selama pelatihan. Materi pelatihan disampaikan dengan baik, lugas dan mudah dipahami peserta dan dapat diterima dengan baik, dukungan dari manajemen pun sudah cukup baik untuk mendukung tujuan dari pelatihan ini. Beberapa kendala atau hambatan seperti keterbatasan waktu penyampaian pelatihan sehingga hasilnya belum optimal. Sebagai indikator perubahan kemampuan peserta dalam memahami Digital Marketing dan Social Media Marketing , sebelum pelatihan hasil pre test peserta rata-rata 40 % dan setelah pelatihan hasil post test peserta rata-rata 70%, ada peningkatan 30%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jocosae

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Focus and Scope JOCOSAE The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE)- Jurnal Pengabdian Masyarakat , particularly focuses on ...