Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Persepsi Pengunjung Tentang Sarana di Daya Tarik Wisata Taman Wisata Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman

Suci Trisnani (Universitas Negeri Padang)
Kurnia Illahi Manvi S.ST. Par, M.Par (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang timbul di daya Tarik Wisata Taman Wisata Alam (TWA) Rimbo Panti seperti belum adanya petunjuk arah khusus area parkir sehingga wisatawaan memarkirkan kendaraannya sembarangan, bangunan mushalla yang sudah rusak, tidak adanya petunjuk arah antara toilet wanita dan laki-laki, tidak optimalnya tempat sampah di daya tarik TWA Rimbo Panti dan toilet yang banyak ditumbuhi lumut. Penelitian mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung yang datang ke daya tarik TWA Rimbo Panti. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan metode incidental sampling, dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa persepsi pengunjung tentang sarana di daya tarik TWA Rimbo Panti menunjukkan kategori cukup baik sebanyak 53% dengan rentang skor 52,6-<73,33. (1) berlandaskan indikator Bentuk Sarana dikategorikan baik dengan persentase 34% yang berada pada rentang skor 16,665-< 19,995. (2) berlandaskan indikator Fungsi Sarana dikategorikan cukup baik dengan persentase 37% yang berada pada rentang skor 16-< 20. (3) berlandaskan indikator Lokasi Sarana dikategorikan baik dengan persentase 37% yang berada pada rentang skor 16,665-< 19,995. (4) berlandaskan indikator Mutu Sarana dikategorikan cukup baik dengan persentase 39% yang berada pada rentang skor 13,355 -< 16,665.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...