Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, (2) hubungan faktor ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa, (3) hubungan lingkungan keluarga dan faktor ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji coba instrument menggunakan uji validasi data dan uji rehabilitasi data. Proses analisis data menggunakan pengujian normalitas data, uji linearitas, analisis korelasi simultan dan hipotesis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga dan Motivasi motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,239, (2) faktor ekonomi orang tua dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,287, dan (3) lingkungan keluarga dan Faktor ekonomi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar sebesar 0,308.
Copyrights © 2021