Areopagus : Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen
Vol 19, No 2 (2021): September

Peran Guru PAK Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Perkantoran SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020

Sabar Rudi Sitompul (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Fitri Ana Situmorang (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PAK Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMK Dharma Bhakti Kantor Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian adalah Peran Guru PAK dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI SMK Dharma Bhakti Perkantoran Walter Manalu Siborongborong Tahun Ajaran 2019/2020 75% dari populasi yang diharapkan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Perkantoran. SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 146 orang. Sampel penelitian ditentukan secara wrandom sampling (acak) sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji diperoleh thitung 17,31 ttabel = 2,024. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Pencapaian peran guru PAK dalam meningkatkan kecerdasan emosional Siswa kelas XI SMK Swasta Dharma Bakti perkantoran walter manalu siborongborong tahun pelajaran 2019/2020 adalah 3.495 dalam kategori baik dengan persentase besar 87,37% sedang dalam kategori sangat baik.Kata Kunci: kecerdasan emosional, guru PAK. Abstract:This study aims to determine the Role of PAK Teachers In Improving The Emotional Intelligence of Class XI Students of Dharma Bhakti Vocation School Office Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year 2019/2020. The research hypothesis is the Role of Teacher PAK in improving the emotional intelligence of class XI Students of Dharma Bhakti Vocation School Office Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year  2019/2020 75% og the expected the study population was all students of class XI office of SMK Swasta Dharma Bhakti Walter Manalu Siborongborong In The Academic Year 2019/2020 totaling 146 people. The research sample was determined by random sampling (random) as many as 40 people. This research uses inferential descriptive quantitative method. the instrumen used in this research was a quetionnaire. hypothesus test using test rumus obtained thitung 17,31 ttabel = 2,024. This means that H0  is rejected an Ha is accepted. The achievement of the role of PAK teachers in increasing emotional intelligence of class XI Students of the Dharma Bakti private vocation school office walter manalu siborongborong in the 2019/2020 academic year was 3,495 in the good category with a large percentage of 87,37% being in the very good category.Keywords: improve emotional intelligence, PAK’s Teacher

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

areopagus

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal Areopagus merupakan salah satu pengelola jurnal yang menghimpun karya ilmiah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tentang Teologi, Pastoral Konseling,Musik Gerejawi, dan Pendidikan Kristen yang semuanya berhubungan dengan perkembangan dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang berkembang pada ...