Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services
Vol 2, No 2 (2021): Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services

Penguatan Organisasi dan Kelembagaan Ekonomi dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Ummat di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan

Imam Asngari (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Suhel Suhel (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Muhammad Subardin (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Harunurrasyid Harunurrasyid (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Andi Nurul Astria Arief (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Mega Debiyanti (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Ria Aprianti (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)
Putri Siski Ainul (Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Masyarakat Muslim di Indonesia, khususnya masyarakat di Kota Palembang, telah menyadari adanya kesadaran untuk beralih dari aktivitas ekonomi kapitalis tradisional ke aktivitas ekonomi Islam. Sudah ada Lembaga Keuangan Mikro dan Keuangan Islam (LEKIS), seperti Baitul Mall wa Tamwil (BMT), Koperasi Warmart Veteran Utama dengan 212 Mart, Lembaga Penelitian Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI) dan HMI Alumni Real Charity (ANA HMI). Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk penguatan kapasitas dan kelembagaan ekonomi islam yaitu dalam rangka pemberdayaan ekonomi ummat di Kota Palembang. Setelah pelatihan ini, rata-rata indeks pengetahuan terkait penguatan kapasitas dan kelembagaan ekonomi Islam peserta meningkat pesat. Terbukti secara statistik nilai Asymp.Sig = 0.00 lebih besar dari α = 0.05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jscs

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Socio-economy and business; 2. Training, Marketing, Financial and Design; 3. Community Empowerment and Community Services; 4. ...