Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 9 No 2 (2021): Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI WAEL SERAM BAGIAN BARAT

Yadi Risaldi (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Samuel Patra Ritiauw (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Elsinora Mahananingtyas (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)
Nathalia Yohana Johannes (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Wael Seram Bagian Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi, hasil analisis di dapat yaitu Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Wael. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata kelas pada siklus I dengan pretest sebesar 69,39 kemudian postest menjadi 76,11 dan pada siklus II pretest sebesar 77,46 kemudia postest sebesar 87. Jumlah siswa mampu mencapai KKM 70 di siklus I pada pretest sebanyak 14 (50%) siswa dan postest sebanyak 17 (61%) siswa. Sedangkan untuk siklus II pada pretest sebanyak 20 (71%) siswa dan pada postest sebanyak 25 (89%) siswa. Sehingga di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...