Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2021 - November 2021)

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, IKLAN, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH UIN STS JAMBI

Fitri nauli siagian (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap literasi ekonomi, pengaruh iklan terhadap lietrasi ekonomi, pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku kosumsi, pengaruh iklan terhadap perilaku konsumsi, pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi, pengaruh lingkungan sosial melalui literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi, pengaruh iklan melalui literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi. Teknis analisis yang digunakan analisis jalur dibantu menggunakan SPSS 21.0. for windows dalam pengembangan model pengujian hipotesis. Hasil analisis yang dilakukan, terdapat pengaruh lingkungan sosial terhadap literasi ekonomi sebesar 4,304, terdapat pengaruh iklan terhadap literasi ekonomi sebesar 6,865, terdapat pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumsi sebesar 3,631, terdapat pengaruh iklan terhadap perilaku konsumsi sebesar 2,255, terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi sebesar 5,478, terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan sosial melalui literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi sebesar 2,377, terdapat pengaruh tidak langsung iklan melalui literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi sebesar 2,134.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...