Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 2, No 3 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bintang Laut Tahun Pembelajaran 2019/2020

Berdiana Butetria Tafonao (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengubah cara belajar siswa adalah model pembelajaran talking stick. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Bintang Laut yang berjumlah  45 orang. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas kontrol berjumlah 22 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung adalah 2.561. Kemudian dikonsultasikan pada tabel harga t dengan taraf signifikan 0.025; d.f = 45, maka nilai t0.025= 2,014 sehingga thitung > ttabelyaitu 2.561 > 2,014, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model talking stick berpengaruh lebih baik, aktif, efisien dari pada model pembelajaran konvensional dan menghasilkan pemahaman siswa mengemukakan pendapat lebih aktif, sehingga Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Bintang Laut tahun pembelajaran 2019/2020. Saran yang ditawarkan peneliti yaitu (1) hendaknya guru menggunakan model talking stick digunakan sebagi media pembelajaran karena mampu melibatkan siswa dalam belajar lebih aktif dan efisien; (3) hendaknya menggunakan model-model pembelajaran lain yang berorientas pembelajaran berpusat pada siswa; (3) hendaknya temuan penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...