Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 2 NOMOR 2 SEPTEMBER 2021

Analisis Potensi Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menegah Kejuruan

Faramita Paputungan (Universitas Negeri Gorontalo)
Sitti Roskina Mas (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi jiwa kewirausahaan siswa SMK dilihat dari aspek: (1) kepribadian; (2) disiplin diri; (3) kreativitas; (4) motivasi; (5) keberanian; (6) kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Jumlah subjek penelitian sebesar 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa potensi jiwa kewirausahaan siswa SMK Negeri 1 Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dilihat dari aspek: (1) kepribadian berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 74,50%; (2) disiplin diri berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 74,00%; (3) kreativitas berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 72,25%; (4) motivasi berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 71,25%; (5) keberanian berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 72,38%; (6) kepercayaan diri berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 73,63%. Untuk itu disarankan: (1) Bagi Sekolah, hendaknya untuk dapat meningkatkan profesionalisme guru dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti bazar sekolah, workshop siswa dan menghadirkan tokoh-tokoh wirausahawan sukses untuk dapat memberi wawasan dan pengalaman terhadap para peserta didik; (2) Bagi Guru, diharapkan untuk dapat mengembangkan potensi jiwa kewirausahan melalui pembelajaran yang berisi kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan dunia usaha agar para peserta didik memiliki pengalaman secara nyata; (3) Bagi Peserta didik, hendaknya untuk selalu berkonsentrasi dan bersunguh-sungguh serta proaktif dalam menerima materi pendidikan kewirausahaan yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...