Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Vol 3, No 2: (Desember 2021), TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang

Madadina Dwi Andini (Sultan Ageng Tirtayasa University)
Syamsuri Syamsuri (Unknown)
Hepsi Nindiasari (Unknown)
Novaliyosi Novaliyosi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar yang diperlukan di sekolah menengah pertama  berupa e-modul berbasis problem based learning dalam materi peluang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pengembangan suatu produk. Subjek penelitian ini adalah guru matematika SMP atau MTS. Pengumpulan instrumen data menggunakan angket yang disebar kepada guru matematika SMP atau MTS dan juga kepada siswa SMP melalui Google Forms. Selanjutnya dipilih 13 guru untuk menjadi  subjek yang diwawancarai. Hasil dari penelitian ini adalah dibutuhkannya pengembangan bahan ajar berupa e-modul yang mampu menunjang pembelajaran pokok bahasan peluang. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Tirtamath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika menerbitkan artikel ilmiah terkait penelitian bidang pengajaran dan pendidikan matematika. Pengajaran matematika mencakup penelitian tentang perencanaan, desain, proses dan evaluasi pembelajaran matematika baik di tingkatan sekolah dasar, ...