Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 1 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Rizzaludin Rizzaludin (Program Studi Pendidikan Sejarah, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe student teams achievement divisions (STAD) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sistem dan Permasalahan Ekonomi Semester Genap Kelas X SMAN 2 Dompu Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik X SMAN 2 Dompu Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 33 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe student teams achievement divisions (STAD) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sistem dan Permasalahan Ekonomi Semester Genap Kelas X SMAN 2 Dompu Tahun Ajaran 2020/2021, hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari rtabel ( rhitung ≥ rtabel = 0,615 ≥ 0,344) dengan tingkat kategori pengaruhnya sangat kuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...