Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 1 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Teknik Pembelajaran Kreatif Produktif terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP

Khatimah, Husnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tertarik untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga akan tercipta suasana belajar yang efektif dan tujuan belajar dapat tercapai secara optimal. Dalam perbaikan proses pengajaran ini peranan guru sangat penting, selaku pengelola kegiatan siswa, guru juga diharapkan membimbing dan membantu siswa agar selama proses pembelajaran semua kegiatan anak dapat dikontrol. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII yang terdiri atas delapan kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan VIII G berjumlah 218 orang siswa, sementara sampel dalam penelitian adalah sebagian siswa kelas VIII (hanya sebagian siswa). Hasil yang diperoleh bahwa penggunaan metode yang menarik terhadap siswa perlu diberikan sehingga siswa lebih berperan dan terlibat dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, maka peneliti dapat melakukan eksperimen tentang salah satu teknik pembelajaran yaitu Kreatif-Produktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...