Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 11 No. 2 (2021): Pasundan Journal of Mathematics Education

Analisis Instrumen Kemampuan Matematisasi Siswa dalam Menggunakan Modul Komunikatif

Firmansyah, Eka (Unknown)
Sari, Nenden Mutiara (Unknown)
Mubarika, Melinda Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal kemampuan matematisasi siswa dalam menggunakan modul komunikatif ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan tafsiran persentase kepahaman dan keterbacaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan kriteria validitas butir soal diperoleh 6 butir soal 100% valid dengan interpretasi sangat tinggi 83% dan tinggi 17%; 2) Reliabilitas soal kemampuan matematisasi dikatakan reliabel dengan r = 0,98 dengan interpretasi sangat tinggi; 3) Daya pembeda keseluruhan butir soal berinterpretasi cukup; 4) Tingkat kesukaran diperoleh soal berintrepretasi sedang sebanyak 4 butir soal (67%) dan berinterpretasi sukar sebanyak 2 soal (33%); 5) Persentase kepahaman dan keterbacaan isi soal oleh siswa sebesar 66,7%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...