Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

KESIAPAN GURU : PENGGUNAAN KONTEKS DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Haris Kurniawan (Universitas Tamansiswa Palembang)
Eva Susanti (Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peranan konteks didalam metode atau pendekatan pembelajaran Matematika, sehingga memudahkan siswa didalam memahami pembelajaran Matematika. Adapun aspek yang dilihat dalam penelitian ini adalah seberapa jauh guru memanfaatkan konteks didalam pembelajarannya serta bagaimana cara guru menggunakan konteks dan konteks seperti apa yang mereka gunakan, Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 11 orang guru yang di pilih secara purposive sampling. Data di peroleh melalui wawancara dan angket pada guru kelas baik sekolah negeri dan sekolah swasta khususnya pada provinsi sumatera selatan. Temuan dalam penelitian ini antara lain (1) tidak semua guru memanfaatkan konteks didalam pembelajaran matematika bukan karena mereka tidak mau, tetapi karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan konteks. (2) pemilihan metode atau pendekatan belajar yang tepat serta pemilihan konteks yang sesuai dengan konsep pembelajaran sangat mempengaruhi tujuan akhir dari penggunaan konteks.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...