Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara dalam Bahasa Inggris, maka peneliti menggunakan metode Role Play dengan mahasiswa mampu menggali kemampuannya dalam berbahasa Inggris, meningkatkan keinginan berbicara Bahasa Inggris dan dapat menambah kosakata Bahasa Inggris mahasiswa Analis Kesehatan STIKes Perintis Padang dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris yang baik dan membangun katertarikan mahasiswa untuk belajar Bahasa Inggris, khususnya diaspek speaking. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa meningkat dari siklus I ke siklus ke II. Hal ini ditunjukan oleh hasil Accent pada siklus I (43,25%) menjadi (76,50%) pada siklus II. Penguasaan mahasiswa pada grammar siklus I (52,37%) menjadi (77,20%) pada siklus II. Vocabulary dari siklus I (48, 85%) menjadi (78,40%) pada siklus II. Fluency siklus I (63,45%) menjadi (77,65%) pada siklus II. Comprehension meningkat dari siklus I (66,62%) menjadi (83,50%). Kesimpulan metode role play terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Metode role play memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih dan praktik secara langsung
Copyrights © 2020