EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630

Learning Methods Of Consolidated Statement in Advanced Accounting

Asepma Hygi Prihastuti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda, Indonesia)
Sonia Sischa Eka Putri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)
Saipul Al Sukri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini dikembangkan mengingat kesulitan mahasiswa dalam memahami keterkaitan antar sub bab laporan keuangan konsolidasi pada Mata kuliah akuntansi lanjutan. Ini mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode Mind Mapping dan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada mahasiswa D3 Akuntansi STIE Persada Bunda. Penggunaan metode pembelajaran dimaksud memang sudah umum dan sering di jumpai pada prodi pendidikan dan mata pelajaran tingkat sekolah. Namun sangat jarang dalam kegiatan pembelajaran di bangku perkuliahan. Penelitian ini menggunakan uji beda analisis motivasi dan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diolah menggunakan metode Paired sample test dengan SPSS versi 21. Hasil analisis uji beda motivasi belajar menggunakan uji-t diperoleh nilai t -14,692 dengan sig = 0,000. Artinya penggunaan Mind Mapping dan Problem Based Learning memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Dan hasil uji beda analisis hasil belajar diperoleh nilai t-test sebesar -16,533 dengan sig 0,000. Artinya terdapat pengaruh positif penggunaan metode Mind Mapping dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa secara meyakinkan. Hasil penelitian ini bisa dijadikan masukan bagi para dosen agar bisa terus berinovasi dalam menerapkan metode dalam proses belajar mengajar, sehingga kemampuan mahasiswa dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...