AbstrakPandemi Covid-19 menuntut para pendidik menerapkan pembelajaran dengan inovasi teknologi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang efektif sebagai satu-satunya metode terbaik dari yang terburuk saat ini salah satunya adalah Blended learning berbasis platform. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan faktor pendukung pembelajaran Blended learning berbasis platform yang efektif pada masa pandemi covid-19 khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Dalam penelitian kepustakaan yang dilakukan ini data diperoleh dari berbagai buku-buku online, jurnal, majalah, dokumen, artikel online ataupun buku yang ada diperpustakaan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran blended learning dan pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. Instrumen pada penelitian kepustakaan ini adalah peneliti sendiri (human instrument). Adapun sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Selanjutnya, data-data baik primer maupun sekunder yang dikumpulkan diperoleh dengan cara membaca, mengkaji, memahami, dan mencatat literatur berkaitan dengan fokus penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara 1) mengumpulkan data-data berbasis pustaka artinya menggunakan buku-buku online, jurnal, majalah, dokumen, dan artikel online, 2) menganalisis sampai mendapatkan suatu kesimpulan. Teknik analisis data dalam penelitian kepustakaan ini terdiri dari analisis konten, deduktif, induktif, interpretatif, komparatif, dan historis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa blended learning sebagai strategi pembelajaran akan menjadi pembelajaran yang efektif atau tepat guna pada pembelajaran matematika jika didukung dengan platform yang tepat disertai instruksi-instruksi yang berbasis pembelajaran jarak jauh. Adapun komponen yang akan menjadi faktor penting yang dapat mendukung pembelajaran blended learning yang efektif selama pandemi covid-19 adalah a) jaringan yang stabil, b) literasi digital yang mumpuni mahasiswa maupun dosen, c) bahan ajar yang relevan dengan pembelajaran blended learning pada masa pandemi, d) perpaduan platform untuk mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi dan menutupi setiap kelemahan yang dimiliki platform lainnya, e) rancangan proses belajar yang terstruktur. AbstractThe Covid-19 pandemic requires educators to implement learning with technological innovation to support effective distance learning as the single best method of the worst today, one of which is platform-based Blended learning. The purpose of this study is to describe the concepts and factors supporting effective platform-based Blended learning during the covid-19 pandemic, especially in math learning. The type of research used in this study is literature (library research). In this literature research conducted data is obtained from various online books, journals, magazines, documents, online articles or books that exist in the library related to blended learning strategies and mathematical learning during the covid-19 pandemic. The instrument in this literature research is the researcher himself (human instrument). The data source consists of primary and secondary data. Furthermore, both primary and secondary data collected are obtained by reading, reviewing, understanding, and recording the literature related to the focus of this research. The data collection technique in this study is done by 1) collecting library-based data means using online books, journals, magazines, documents, and online articles, 2) analyzing until you get a conclusion. Data analysis techniques in this literature research consist of content analysis, deductive, inductive, interpretive, comparative, and historical. The results of this study concluded that blended learning as a learning strategy will be an effective or appropriate learning in mathematics learning if supported by the right platform accompanied by instructions based on learning. The components that will be an important factor that can support effective blended learning during the covid-19 pandemic are a) a) stable networks, b) qualified digital literacy of students and lecturers, c) teaching materials relevant to blended learning in the pandemic period, d) the combination of platforms to overcome possible obstacles and cover every weakness that other platforms have, e) a structured learning process design.
Copyrights © 2021